|
CAPAIAN PEMBELAJARAN
KURIKULUM MERDEKA
BELAJAR |
|||
|
|
Institusi |
: |
SDN PANULISAN 03 |
|
|
Mata
Pelajaran |
: |
PJOK |
|
|
Kelas |
: |
FASE A |
|
|
Tahun Pelajaran |
: |
2023/2024 |
A.
Rasional Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK)
Pendidikan
jasmani, yang di Indonesia dikenal sebagai Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan
Kesehatan, menurut William H Freeman (2007: 27-28) adalah pendidikan yang
menggunakan aktivitas jasmani untuk meningkatkan individu peserta didik secara
menyeluruh berupa aspek jasmani, mental, dan emosional. Pendidikan jasmani
memperlakukan setiap peserta didik sebagai satu kesatuan utuh antara jiwa dan
raga. Pernyataan tersebut menjadikan pendidikan jasmani sebagai bidang kajian
yang sangat luas dan menarik dengan titik berat pada peningkatan pergerakan
manusia (human movement).
Pembelajaran
pendidikan jasmani dilaksanakan dengan menggunakan berbagai pendekatan, model,
strategi, metode, gaya, dan teknik sesuai dengan karakteristik tugas gerak,
peserta didik, dan lingkungan belajar. Pembelajaran diarahkan untuk
meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan seluruh ranah (psikomotor, kognitif,
dan afektif) setiap peserta didik dengan menekankan pada kualitas kebugaran
jasmani dan perbendaharaan gerak. Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan
dilaksanakan di sekolah secara terencana, bertahap, dan berkelanjutan agar
dapat mengembangkan sikap positif peserta didik yang dapat menghargai manfaat
aktivitas jasmani untuk meningkatkan kualitas hidup secara menyeluruh.
Berbagai
penjelasan ini menyiratkan bahwa pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan
bukan semata-mata berurusan dengan pembentukan raga, tetapi melibatkan seluruh
aspek perkembangan manusia sesuai dengan cita-cita terbentuknya Profil Pelajar
Pancasila yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, kreatif, gotong royong,
berkebinekaan global, bernalar kritis, dan mandiri.
B.
Tujuan Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK)
Tujuan mata pelajaran
pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan untuk jenjang pendidikan dasar dan
menengah adalah membentuk individu yang terliterasi secara jasmani, dengan
uraian sebagai berikut:
1.
Mengembangkan
kesadaran arti penting aktivitas jasmani untuk mencapai pertumbuhan dan
perkembangan individu, serta gaya hidup aktif sepanjang hayat.
2.
Mengembangkan
pengetahuan dan keterampilan pengelolaan diri dalam upaya meningkatkan dan
memelihara kebugaran jasmani, kesejahteraan diri, serta pola perilaku hidup
sehat.
3.
Mengembangkan
pola gerak dasar (fundamental movement pattern) dan keterampilan gerak (motor
skills) yang dilandasi dengan penerapan konsep, prinsip, strategi, dan taktik
secara umum.
4.
Meletakkan
landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai kepercayaan
diri, sportif, jujur, disiplin, kerja sama, pengendalian diri, kepemimpinan,
dan demokratis dalam melakukan aktivitas jasmani sebagai cerminan rasa tanggung
jawab personal dan sosial (personal and social responsibility).
5.
Menciptakan
suasana rekreatif yang berisi keriangan, interaksi sosial, tantangan, dan
ekspresi diri.
6.
Mengembangkan
Profil Pelajar Pancasila yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa,
kreatif, gotong royong, berkebinekaan global, bernalar kritis, dan mandiri
melalui aktivitas jasmani.
C.
Karakteristik Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK)
Pendidikan jasmani, olahraga,
dan kesehatan sebagai sebuah bidang kajian memiliki karakteristik:
1.
Diorientasikan
pada pembentukan peserta didik yang terliterasi secara jasmani dan mampu
menerapkannya dalam kehidupan nyata sepanjang hayat.
2.
Melibatkan
peserta didik dalam pengalaman langsung, riil, dan otentik untuk meningkatkan
kreativitas, penalaran kritis, kolaborasi, dan keterampilan berkomunikasi,
serta berfikir ke tingkat yang lebih tinggi melalui aktivitas jasmani.
3.
Mempertimbangkan
karakteristik peserta didik, tugas gerak (movement task), dan dukungan
lingkungan yang berprinsip developmentally appropriate practices (DAP).
4.
Penyelenggaraan
di sekolah didasari nilai-nilai luhur bangsa untuk membentuk Profil Pelajar
Pancasila.
5.
Memuat
elemen-elemen keterampilan gerak, pengetahuan gerak, pemanfaatan gerak, serta
pengembangan karakter dan internalisasi nilai-nilai gerak. Adapun elemen-elemen
tersebut dideskripsikan sebagaimana dalam tabel berikut.
Elemen-elemen
Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran PJOK serta Deskripsinya
|
ELEMEN |
DESKRIPSI |
|
Keterampilan Gerak |
Elemen
ini berupa kekhasan pembelajaran PJOK yang merupakan proses pendidikan
tentang dan melalui aktivitas jasmani, terdiri dari sub elemen: a)
Aktivitas
Pengembangan Pola Gerak Dasar (Fundamental Movement Pattern), dan b)
Aktivitas
Pengembangan Keterampilan Gerak (Motor Skills) berupa Aktivitas Pilihan
Permainan dan Olahraga, Aktivitas Senam, Aktivitas Gerak Berirama, serta
Aktivitas Permainan dan Olahraga Air (kondisional) |
|
Pengetahuan Gerak |
Elemen
ini berupa pemahaman, penerapan, analisis, evaluasi, serta kreasi konsep,
prinsip, prosedur, taktik dan strategi gerak sebagai landasan dalam melakukan
keterampilan, kinerja, serta budaya hidup aktif pada setiap sub elemen: a)
Aktivitas
Pengembangan Pola Gerak Dasar (Fundamental Movement Pattern), dan b)
Aktivitas
Pengembangan Keterampilan Gerak (Motor Skills) berupa Aktivitas Pilihan
Permainan dan Olahraga, Aktivitas Senam, Aktivitas Gerak Berirama, serta
Aktivitas Permainan dan Olahraga Air (kondisional) |
|
Pemanfaatan Gerak |
Elemen
ini berupa pengetahuan dan keterampilan gerak serta pemanfaatannya dalam
kehidupan sehari-hari, terdiri dari sub elemen: a)
Aktivitas
Pemeliharaan dan Peningkatan Kebugaran Jasmani Terkait Kesehatan dan
Keterampilan, dan b)
Pola
Perilaku Hidup Sehat |
|
Pengembangan Karakter dan
Internalisasi Nilai- nilai Gerak |
Elemen
ini berupa pengembangan karakter dan internalisasi nilai-nilai gerak secara
gradual yang dirancang melalui berbagai aktivitas jasmani, terdiri dari sub
elemen: a)
Tanggung
Jawab Personal dan Sosial, serta b)
Nilai-nilai
Keriangan, Tantangan, Ekspresi Diri, dan Interaksi Sosial |
CAPAIAN
PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN (PJOK)
FASE
A (UMUMNYA KELAS I DAN II SD/MI/PROGRAM PAKET A)
Pada
akhir fase A, peserta didik dapat menunjukkan berbagai aktivitas pola gerak
dasar dan keterampilan gerak sebagai hasil peniruan dari berbagai sumber,
memahami konsep dan prinsip gerak yang benar, memahami dan mempraktikkan
aktivitas jasmani untuk pengembangan kebugaran dan pola perilaku hidup sehat,
menunjukkan perilaku awal tanggung jawab personal dan sosial, serta menerima
nilai-nilai aktivitas jasmani.
|
ELEMEN |
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
|
Elemen
Keterampilan Gerak |
Pada
akhir fase A peserta didik menunjukkan kemampuan dalam menirukan aktivitas
pola gerak dasar, aktivitas senam, aktivitas gerak berirama, dan aktivitas
permainan dan olahraga air (kondisional). |
|
Elemen
Pengetahuan Gerak |
Pada
akhir fase A peserta didik memahami prosedur dalam melakukan pola gerak
dasar, aktivitas senam, aktivitas gerak berirama, dan aktivitas permainan dan
olahraga air (kondisional). |
|
Elemen
Pemanfaatan Gerak |
Pada
akhir fase A peserta didik memahami prosedur dan mampu mempraktikkan latihan
pengembangan kebugaran jasmani terkait kesehatan. Peserta didik juga memahami
prosedur dan mampu mempraktikkan pola perilaku hidup sehat berupa mengenali
nama dan fungsi anggota tubuh, serta menjaga kebersihan diri dan lingkungan. |
|
Elemen
Pengembangan Karakter dan Internalisasi Nilai- nilai Gerak |
Pada
akhir fase A peserta didik menunjukkan perilaku bertanggung jawab dalam
menyimak arahan dan umpan balik yang diberikan guru, mulai dapat menghormati
orang lain, serta menerima ragam keriangan yang didapat melalui aktivitas
jasmani. |
Komentar
Posting Komentar